Dahulu Pesepakbola Kini Pemimpin Negara. Kenali Bung, George Weah

Posted by Ganas003 on Juli 21, 2019 in ,

Nama George Weah mungkin masih absurd di indera pendengaran anda bung. Tapi bagi para Milanisti, mungkin nama yang satu ini ada di dalam daftar pemain favoritnya. Beliau ini yaitu mantan pesepakbola profesional yang gres saja menjabat sebagai presiden Liberia di tahun 2017. Naiknya King George salah satu sebutannya, mengakibatkan ia sebagai presiden ke-25 negara tersebut.


Kiprah George Weah di dunia sepakbola dan politik sama-sama cemerlang. Pencapaian ini jelas mengundang decap kagum setiap orang, lantaran sukses dari dua sisi yang berbeda. Pemungutan bunyi yang dilangsungkan tahun lalu, menciptakan George sanggup menggungguli Joseph Boakai yang dalam 12 tahun terakhir akan menjadi orang nomor satu di Liberia.


Bakatnya Dalam Sepakbola Tak Main-Main, Sampai Wenger Saja Terkejut Dengan Kelincahannya


Nama George Weah mungkin masih absurd di indera pendengaran anda bung Dahulu Pesepakbola Sekarang Pemimpin Negara. Kenali Bung, George Weah

Sumber : Si.com


Setelah berkecimpung di liga domestik Liberia di tahun 1988 Weah mengadu nasibnya sebagai pemain bola dengan berangkat ke benua Eropa. Perancis yaitu negara pertama yang menjadi pelabuhan karirnya. Arsene Wenger yang dikala itu menjabat sebagai instruktur AS Monaco, tertarik dengan bakatnya. Lewat sebuah intuisi yang tajam, ia yakin jikalau Weah merupakan pemain berbakat. Dan benar memang.


“Weah merupakan sebuah kejutan. Saya belum pernah melihat pemain yang sanggup “meledak” menyerupai dia,” ucap Wenger yang terpincut dengan skill Weah. Selama membela AS Monaco, Weah berkontribusi mengantar tim tersebut menjuarai Coupe De France di tahun 1991 (Semacam piala liga di Perancis). Cemerlang karir Weah mengantarkannya menjadi pemain terbaik Afrika di tahun 1989.


Tak Hanya di Afrika Saja, Ketajaman Ku Di Eropa Sampai Pele Mengakuinya


Nama George Weah mungkin masih absurd di indera pendengaran anda bung Dahulu Pesepakbola Sekarang Pemimpin Negara. Kenali Bung, George Weah

Sumber : Amazonaws.com


Kesuksesan Weah di Sepakbola tidak sanggup diukur dari karirnya di AS Monaco saja. Setelah Monaco, ia pernah berseragam Paris Saint German, AC Milan, Marseille, Chelsea hingga Manchester City. Karirnya yang paling cemerlang sanggup diakui dikala membela AC Milan.


Dengan mengantarkan Milan dua kali jawara Serie A di trend 1995-1996 dan 1998-1999. Kecepatan, akselerasi dan kemampuan dribbling handal menciptakan Weah berada di gugusan striker tajam kurun 90an. Terlebih lagi videonya dikala melakukan solo run dari tengah lapangan sebelum mencetak goal yaitu hal yang tak terlupakan bung.


Selama 18 tahun berkarir di sepakbola. Pemain kelahiran 1966 juga menyabet beberapa penghargaan individu, mulai dari pemain terbaik Afrika 1989, 1994, 1995 hingga Ballon d’Or 1995 dan pemain terbaik dunia di tahun yang sama.


Tepat di tahun 2002, striker yang disebut sebagai pemain tersukses benua hitam tersebut gantung sepatu.  Ketika ia pensiun pun namanya tetap harum dengan catatan di tahun 2004  Pele memasukan nama Weah dalam 100 pemain pemain terbaik dunia versi FIFA.


Apa yang Aku Rasakan Dahulu Tak Boleh Terulang Kembali, Rasa Pahit Ini Harus Dikebiri


Nama George Weah mungkin masih absurd di indera pendengaran anda bung Dahulu Pesepakbola Sekarang Pemimpin Negara. Kenali Bung, George Weah

Sumber : Si.com


Meskipun Weah sanggup menjadi pemain bola yang sukses sekaligus presiden. Pria berkepala pelontos ini tidak terlahir dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang baik-baik saja. Monrovia yaitu kota kumuh di Liberia  yang mana Weah dilahirkan dari sana. Kemiskinan yang memang menjadi citra setiap negara di benua Afrika, menjadi pemicu baginya untuk merubah kondisinya terutama di tanah Liberia.


Dalam kampanyenya Weah sangat menyerukan untuk memperbaiki keadaan. Seperti dilansir BBC ia menyampaikan “Seperti anda kebanyakan, saya telah menjadi korban kemiskinan. Ada kalanya saya pergi ke sekolah tanpa uang jajan.” Berangkat dari rasa tersebut Weah memahami kondisi negaranya. Sampai pada karenanya ia mencoba menjadi pemimpin liberia untuk merubahnya. Mulia sekali kan bung?


Aku Boleh Gagal Pertama Kali, Tapi Untuk Kedualinya Pasti Berhasil


Nama George Weah mungkin masih absurd di indera pendengaran anda bung Dahulu Pesepakbola Sekarang Pemimpin Negara. Kenali Bung, George Weah

Sumber : Foottheball.com


George Weah resmi terjun ke politik di tahun 2005. Di usianya yang kala itu menginjak 51 tahun ia serius menggeluti dunia politik. Di tahun yang sama ia pernah mencaonkan diri sebagai presiden Liberia, tapi kalah bunyi dengan kompetitornya Ellen Johnson Sirleaf yang menjadi saingannya.


Kalah di tahun 2005 tak menciptakan hasrat politiknya surut. Di tahun 2017 ia kembali mencalonkan diri sebagai presiden Liberia, yang pada karenanya nama Weah terpampang sebagai pemimpin Liberia sesudah unggul dalam pemungutan suara. Kesukses tersebut eksklusif diutarakan Weah lewat media sosial. “Dengan perasaan yang mendalam, saya ingin mengucapkan terima kasih, kepada masyarakat Liberia, alasannya yaitu sudah memperlihatkan bunyi Anda untuk saya hari ini. Ini yaitu impian besar,” tulis Weah di akun Twitter pribadinya.


Menjadi Orang Kedua Mantan Pesepakbola yang Menjadi Presiden


Nama George Weah mungkin masih absurd di indera pendengaran anda bung Dahulu Pesepakbola Sekarang Pemimpin Negara. Kenali Bung, George Weah

Sumber : CNN.com


King George nampaknya bukan hanya julukan saja. Tapi di pun sukses merealisasikan julukannya tersebut dengan menjabat sebagai presiden Liberia. Namun, kesuksesan Weah tidak menempatkan dirinya sebagai mantan pesepakbola pertama yang menjadi presiden bung. Tapi ada salah seorang berkebangsaan Perancis yang pertama kali mendapat predikat tersebut.


Emanuel Macron, memang namanya tidak terlalu familiar menyerupai George Weah di dunia sepakbola. Namun ia yaitu presiden negara Perancis. Menjadi presiden di umur belia, ternyata ia tercatat pernah menjadi pemain sepakbola amatir di Perancis.