Jual Beli Mobil Bekas: Ketahui Tips Aman dan Memuaskan Membeli Mobil Bekas Secara Online Berikut Ini!

Posted by Ganas003 on November 16, 2019 in , ,

Tips for Safe and Satisfying Buying Used Cars Online Here!

Sejalan dengan perkembangan teknologi, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya semakin kesini ada kian banyak e-commerce baru yang lahir, ditambah lagi mereka juga mulai tumbuh atau bangkit dengan mengeluarkan beragam jenis inovasi. Barang-barang yang dijualnya jauh lebih bervariatif, tak hanya sekedar item fashion, produk rumah tangga dan sejenisnya saja. Melainkan juga banyak sekali yang menawarkan produk kendaraan, layaknya motor sampai dengan mobil, baik itu yang baru maupun bekas. Umumnya memang situs jualbeli mobil bekas  ini begitu banyak sekali.

Dengan adanya hal tersebut sudah pasti memberikan nilai lebih bagi konsumen, seperti diantaranya adalah dalam hal pembelian, maka Anda bisa melakukan transaksinya secara lebih mudah. Pilihan produk yang ditawarkannya sendiri juga jauh lebih banyak. Karena memang yang menjual berasal dari seluruh daerah yang ada di Indonesia, tidak sebatas di kawasan sekitar Anda saja. Hanya saja di samping itu sebenarnya beragam jenis resiko juga sangat mungkin terjadi jika seandainya pembelian tidak dilakukan secara tepat.

Tentunya sudah sering diantara Anda yang mengetahui bahwa banyak sekali orang-orang yang tertipu oleh situs jual beli online, uang ditransfer namun barang tidak kunjung diberikan. Untuk itulah maka berikut ini ada beberapa trik jitu yang dapat Anda terapkan saat ingin membeli mobil secara online, diantaranya adalah:

  1. Cek kelayakan situs jual beli tersebut, agar tidak sampai tertipu, hendaknya Anda sebagai konsumen yang harus lebih selektif di dalam memilih situsnya, jangan asal beli dari sembarangan situs, melainkan perhatikan terlebih dahulu bagaimana kelayakan dari situs tersebut. Pastikan ia memiliki reputasi yang bagus dan hendaknya pertimbangkan juga review dari orang lain yang pernah melakukan transaksi yang sama.
  2. Perhatikan juga identitas penjual dan juga kelengkapannya, karena memang ada banyak sekali diantara penjual yang menawarkan produk kendaraan mereka, maka jangan terburu-buru, hati-hati dalam bertransaksi, ada baiknya Anda untuk mengecek kelengkapan identitasnya terlebih dahulu, sebagai salah satu bentuk kepercayaan. Jika tampak meyakinkan maka nantinya bisa melanjutkan transaksi.
  3. Kontak penjual tersebut secara langsung, karena memang sudah ada nomor kontak yang dapat dihubungi secara langsung, ada baiknya bagi Anda untuk segera mengontak, sebelum nantinya kendaraan tersebut dibeli oleh orang lain. Meskipun sistem penjualan secara online, ada baiknya bertemu langsung untuk melihat barangnya dan test drive, jadi buatlah janji ketemuan.
  4. Bawa montir dan lakukan pengecekan kondisi kendaraan secara langsung, ini adalah la yang penting dilakukan, apalagi jika seandainya Anda termasuk orang yang masih benar-benar awam dengan hal ini, agar tidak tertipu akan jauh lebih aman jika seandainya membawa seorang teknisi atau montir yang sudah berpengalaman untuk mengecek mobil.
  5. Lakukan test drive, langkah selanjutnya adalah dengan menjajal atau istilahnya adalah test drive kendaraan tersebut langsung. Hal ini difungsikan untuk mengetahui bagaimana performanya. Jika seandainya kondisinya kurang nyaman atau tidak sesuai dengan ekspektasi, maka jangan memaksakan diri untuk membeli agar tidak kecewa, sebaliknya jika dirasa bagus maka bisa lanjut ke negosiasi harga.
  6. Negosiasi harga, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan negosiasi atau istilahnya adalah tawar menawar harga kendaraan tersebut sampai dapatkan kesepakatan bersama, harga yang paling murah.

Mudah bukan jangan khawatir untuk mencobanya, dengan demikian transaksi jual beli mobil bekas online Anda akan aman.