Potensi Industri Pariwisata Indonesia Bisa Unggul dengan 5 Dukungan Ini

Posted by Ganas003 on Desember 22, 2019 in ,


Gambar: https://unsplash.com/photos/-HbxGxP9jck
Kamar Dagang dan Industri melihat adanya potensi yang bisa lebih dimaksimalkan dari industri pariwisata Indonesia. Waketum Kadin Bidang Industri Kreatif, Erik Hidayat, menyoroti kreativitas masih perlu ditingkatkan lagi dalam hal ini. Dengan begitu, penyelenggaraan ekonomi kreatif dari sektor pariwisata akan bisa lebih baik.
Kadin Indonesia sadar betul bahwa pemerintah memang sedang gencar mempromosikan pariwisata lokal. Akan tetapi, tentu akan kurang jika hanya pemerintah pusat saja yang bergerak. Kita semua juga harus ikut bantu mendukung promosi pariwisata lokal, bagaimana caranya?

1. Sama-sama Menjaga Infrastruktur dan Fasilitas

Pemerintah telah membangun banyak infrastruktur yang mendukung sektor wisata di berbagai daerah di Indonesia. Tentu semua fasilitas itu akan sia-sia jika tidak dijaga dengan baik oleh semua pihak. Masih banyak oknum-oknum bertangan nakal yang sering merusak fasilitas di tempat wisata secara sengaja.
Dilansir dari Kontan.co.id, Ketua Kadin Rosan P. Roeslani meminta pemerintah terus menjajaki industri pariwisata Indonesia. Bukan hanya dari segi pembangunan destinasi wisatanya, tetapi juga akses menuju lokasi. Dengan begitu, wisatawan akan semakin betah dan jumlahnya terus meningkat.

2. Menjadi Duta Wisata

Setiap daerah kini mempunyai duta wisata masing-masing, yang berasal dari kalangan anak muda. Jika kamu ingin membantu pertumbuhan industri pariwisata Indonesia, tidak ada salahnya untuk mengikuti ajang semacam itu. Kalaupun tidak berminat, kamu tetap bisa menjadi duta wisata secara mandiri dengan memanfaatkan media sosial.
Promosikan tempat-tempat wisata dari daerahmu kepada khalayak luas agar semakin dikenal dan banyak dikunjungi. Apalagi sekarang promosi lewat influencer juga sedang menjadi tren di kalangan millenial. Adanya duta wisata dari kalangan milenial pasti semakin memudahkan penyebaran informasi pariwisata lokal.

3. Melibatkan Masyarakat Setempat

Tidak dapat dimungkiri bahwa warga di sekitar destinasi wisata juga merupakan elemen penting. Mereka tidak bisa dikesampingkan dan harus diajak untuk ikut serta membangun pariwisata lokal. Wisatawan domestik maupun mancanegara mungkin akan membutuhkan mereka untuk lebih mengenali suatu tempat.
Contohnya seperti Bali, di mana budaya masyarakat setempat membuat wisata di sana semakin hidup dan menarik. Wisatawan dapat menyaksikan upacara adat hingga hal-hal kecil seperti pakaian khas yang selalu ada di mana-mana. Secara tidak langsung, ini juga membuat masyarakat lebih produktif dan mempengaruhi ekonomi mereka.

4. Meningkatkan Kualitas Bisnis Lokal

Kualitas pariwisata setempat bisa tumbuh, bisnis-bisnis lokal di sekitarnya pun harus ditingkatkan. Perbaiki tempatnya, kualitas layanannya dan produk-produk yang dijajakan.
Misalnya kamu memiliki toko souvenir di sebuah tempat wisata. Coba pikirkan cara untuk menarik lebih banyak pembeli agar mereka bisa membawa pulang kenang-kenangan dari tempat tersebut. Selain menguntungkan wisatawan, di satu sisi juga membuka peluang kerja baru bagi masyarakat.

5. Memanfaatkan Teknologi Kekinian

Smartphone telah menjadi perangkat yang tidak bisa lepas dari masyarakat kekinian. Jika kamu punya kemampuan di bidang teknologi, coba buat aplikasi mobile untuk mempromosikan wisata di daerahmu. Para pelaku bisnis startup harus berani melakukan terobosan kreatif semacam ini.
Dapatkan informasi diklat teknologi dan seminar-seminar tentang startup dengan menjadi anggota Kadin Indonesia. Selain bisa membangun citra daerah, exposure seperti inilah yang diharapkan oleh para investor dan wisatawan. Jadi, pihak pengelola pun akan lebih maksimal dalam mengelola dan mengembangkan tempat wisata.
Dengan berbagai gerakan yang dicanangkan pemerintah, perkembangan pariwisata Indonesia 2019 bisa dibilang cukup pesat. Jadi, penting untuk terus menjaga konsistensi itu bersama-sama agar industri pariwisata Indonesia mampu bersaing. Di satu sisi Kadin percaya bahwa masih banyak potensi yang bisa digali dari sini.