Gowes Artinya Apa? Ini Pendapat Para Ahli

Posted by KarimGanas on Agustus 05, 2020 in , ,

Di situasi seperti pandemi saat ini membuat demam goweser berjamur di mana-mana. Kegiatan bersepeda memang diyakini sebagai salah satu olahraga yang rekreatif. Bermanfaat menjaga kebugaran tubuh, bersepeda juga dapat menjadi aktivitas pelepas penat yang menyenangkan. Ini pendapat para ahli mengenai gowes artinya apa?

Arti Gowes Menurut Para Ahli

Tahukah Anda mengenai arti singkatan dan istilah di dunia gowes atau sepeda? Pengetahuan tentang istilah ini tentunya harus wajib diketahui oleh para goweser. Terlebih lagi para pesepeda pemula yang saat ini belum mengetahui arti atau istilah dari singkatan-singkatan yang selama ini digunakan oleh para goweser senior.

Sebelum dikenal dengan sebutan sepeda, kendaraan beroda dua ini dikenal dengan sebutan velocipede. Seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn merupakan salah seorang penyempurna velocipede. Von Sauerbronn awalnya membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya pada tahun 1818.

Sementara saat ini kendaraan beroda dua ini lebih populer dengan nama sepeda dan kegiatan bersepeda dikenal dengan nama gowes. Beberapa istilah para ahli yang terkait dengan aktivitas  gowes. Di antaranya disebutkan istilah goweser yang dijadikan sebagai julukan untuk para cowok yang hobi bersepeda.

Aktivitas gowes atau bersepeda di jalan yang menanjak seperti di tanjakan perbukitan menurut para ahli kegiatan ini dikenal dengan sebutan uphill. Istilah lainnya lagi adalah offroad, dimana para goweser memilih rute bersepeda melalui jalan yang bukan aspal.

Kegiatan gowes sambil berdiri pada saat jalan menanjak dikenal dengan istilah hammer. Adapun istilah technical, dalam gowes istilah ini seringkali digunakan untuk menunjukkan jalur gowes, track yang sifatnya cukup sulit, seperti memiliki tanjakan cukup ekstrim, rute huruf “S” dengan belokan tajam, umumnya istilah ini digunakan pada jalur-jalur kompetisi atau pertandingan sepeda tertentu.

Jenis-Jenis Sepeda

Perlengkapan utama aktivitas gowes adalah sepeda. Setelah Anda mengetahui beberapa istilah yang terkait dengan aktivitas gowes tentunya Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis sepeda yang digunakan. Selain sebagai pengetahuan, Anda juga menjadi bisa memilih jenis sepeda sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu jenis sepeda yang sering digunakan para goweser adalah sepeda kota atau dikenal dengan sebutan city bike. Jenis sepeda ini  biasa dipakai di perkotaan dengan kondisi jalan yang baik. City bike sangat menekankan aspek fungsional. Sepeda ini biasanya dilengkapi sebuah boncengan dan keranjang.

Adapun jenis sepeda lipat yang merupakan jenis sepeda yang rangkanya bisa dilipat dalam hitungan detik sehingga dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah. Jenis sepeda ini cocok bagi Anda para goweser yang hobi gowes keluar kota.

Sementara bagi para goweser yang hobi melakukan kegiatan downhill dan uphill disarankan untuk menggunakan jenis sepeda gunung. Dirancang khusus untuk medan terjal dan berbukit sepeda ini didesain untuk lintasan off-road  dengan rangka yang kuat, memiliki suspensi, dan kombinasi kecepatan sampai 27 km/jam serta alur ban yang tebal, kasar.

Jenis sepeda gunung biasa digunakan untuk downhill atau balapan menuruni lereng baik di gunung maupun gang-gang sempit perkotaan. Berbeda lagi dengan jenis sepeda jalan raya, sepeda ini digunakan untuk balap jalan raya.

Di desain dengan bobot keseluruhan yang ringan, sepeda jalan raya memiliki ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan. Jenis sepeda jalan raya mampu mengkombinasi kecepatan sampai 27 km/jam.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai gowes artinya apa? Serta beberapa istilah yang terkait dengan aktivitas gowes. Bagi Anda yang belum mencoba aktivitas gowes, yuk mulai coba agar dapat merasakan keseruannya. Penuhi perlengkapan gowes Anda dengan berbelanja online melalui blibli.com.